Rabu, 12 Juni 2013

Bupati R.T. E. SURIAPUTRA Periode 1945-1947

Bupati R.T. E. SURIAPUTRA Periode 1945-1947





R.T. E. SURIAPUTRA
Periode 1945-1947


Rd. Tumenggung Endoeng Soeryaputra adalah mantan Bupati Kabupaten Bandung yang ke-14. Beliau lahir di Soreang pada tanggal 14 September 1894 keturunan langsung dari Dalem Bandung. Terlahir dari seorang ibu yang termasuk keturunan "Dalem Gajah" Bandung dan seorang ayah yang termasuk keturunan Bupati Sumedang.

Rd. Tumenggung Endoeng Soeryaputra yang lebih dikenal dengan nama "Dalem Endoeng" ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Bandung sejak tanggal 05 Juni 1945 sampai dengan tahun 1947, menggantikan Dalem R.A.A. Martanegara.

Sebelum diangkat menjadi Bupati R.E.Suriaputra telah menduduki beberapa jabatan dalam pemerintahan Kabupaten Bandung. Pada tahun 1915 setelah Beliau menamatkan sekolah Osvia. beliau diangkat sebagai Juru Tulis pembantu pada kantor Kabupaten Bandung. Tahun1921 dinaikkan pangkatnya menjadi Mantri Polisi, lalu  Camat Pulisi Bandung. Setelah menamatkan pendidikan di Bestuur School pada tahun 1929, beliau  diangkat sebagai Wedana di Kantor Kabupaten Bandung. Sebelum menjadi Bupati Kabupaten Bandung. Beliau juga pernah menjabat beberapa  jabatan penting, salah satunya adalah sebagai Bupati Garut.

 
Pejuang Kemerdekaan Indonesia (1945) 

Bantuan Rakyat Terhadap
Pejuang Kemerdekaan 1945 

Dalem Endoeng termasuk salah seorang pejuang non-Kooperatif yang tidak mau berkompromi dengan Belanda yang saat itu menjajah hampir semua daerah di Indonesia, termasuk Bandung. Pada zaman revolusi, ketika Kabupaten Bandung pada tanggal 12 Oktebor 1945 kedatangan Brigade Mac Donald beserta rombongan tentara dengan tujuan ingin menjajah lagi, mulai saat itu banyak terjadi kekacauan - kekacauan Pemerintahan Kabupaten Bandung terpaksa berpindah-pindah tempat, pertama di Cililin, terus ke Soreang, Banjaran, Pangalengan, Santosa, dan Bungbulang. Ketika Bungbulang diserang oleh Belanda, beliau disembunyikan di Lebakbeuti namun akhirnya tertangkap. Semasa Dalem Eundoeng ditahan, beliau pernah ditawari untuk menjabat kembali sebagai Bupati Bandung namun berada dalam wilayah Negara Pasundan. Tawaran tersebut ditolaknya, karena dinilai tidak sejalan dengan perjuangan yang dilakukan selama melawan penjajahan Belanda.


R.E.Suriaputra
bersama Istri 
Kediaman Rd.Tumenggung Endoeng Soeryaputra yang berada di Soreang menjadi semacam Dapur umum. Keluarganya yang menyuplai makanan untuk para pejuang sehingga hasil panennya baik yang berada di Subang maupun di Lembang, habis digunakan untuk memberi makan para Perjuang tersebut.

Pada  masa pemerintahan beliau terjadi peristiwa penting tanggal 24 Maret 1946  yaitu Bandung Lautan Api. dan peristiwa Heroik di Dayeuhkolot yaitu peledakan gudang mesiu tentara Belanda di Dayeuhkolot Kabupaten Bandung yang dilakukan oleh Mohamad Toha, Mohamad Ramdhan dkk.

Pada hari Rabu tanggal 03 Januari 1979 pukul 05.00 pagi  Bupati Rd. Tumenggung Endoeng Soeryaputra wafat dan dimakamkan di Pemakaman Keluarga di Cibeureum Soreang. 

Sumber : Penelusuran Sejarah Pemerintah Kabupaten Bandung Tahun 1846 - 2010 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text