Rabu, 12 Juni 2013

Bupati R.T.M. WIRANATAKUSUMAH VI (AOM MALE) Periode 1947-1956

Bupati R.T.M. WIRANATAKUSUMAH VI (AOM MALE) Periode 1947-1956





R.T.M.WIRANATAKUSUMAH VI (AOM MALE)
Periode 1947-1956


Pada Tanggal 14 Januari 1948, diangkat menjadi Bupati Bandung beliau lahir tanggal 14 September 1911 Kabupaten Bandung semasa mudanya, beliau menamatkan pendidikan MOSVIA tahun 1935. Bupati R.Male Wiranatakusumah mendirikan NEGARA PASUNDAN, istilah ini lahir pada tanggal 4 Mei 1947. Setelah itu di Bandung diadakan konferensi JAWA BARAT yang bertujuan RECOBA (Badan Pemerintahan Daerah Sementara), konfrensi ini dipimpin oleh HILMAN J.

Pada tanggal 14 oktober 1947 diadakan konferensi yang pertama dan yang ke-2 diadakan pada tanggal 26 desember 1947 yang dipimpin oleh R.Tumenggung Juarsa.

Konferensi itu menghasilkan Ketatanegaraan Pasundan. dan konferensi yang ketiga menghasilkan terbentuknya Parlemen Negara Pasundan yang diadakan pada tanggal 16 Februari 1948 oleh R.Tumenggung Juarsa. kemudian untuk memajukan  rakyat pada tahun 1951 di Kabupaten Bandung diadakan gerakan mengumpulkan modal Nasional mendirikan Koperasi, membangun Kota Majalaya menjadi Kota Industri Tenun.

Sementara itu pada tanggal 2 Pebruari 1948 pemerintah RI mengumumkan bahwa orang-orang yang berpendirian Negara Kesatuan. Kemudian setelah itu terbentuklah Badan Parlemen Negara Pasundan. Serta dalam pemerintahan (Badan Eksekutif) negara pasundan unsur yang cukup kuat. Wali negaranya R.A.A WIRANATAKUSUMAH menjabat ketua MA Republik Indonesia di Jogjakarta atas restu Presiden RI.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban memberantas Gerombolan DI/TII beliau mengadakan Gerakan Anti DI/TII. Di Kawadanaan  Cililin dikerahkan kurang lebih 35.000 rakyat mengadakan "Gerakan Sisir" dengan Tentara. Hasilnya 80 orang gerombolan menyerah.

Untuk Kabupaten Bandung,  Bupati RI ialah Sabri Kartasomantri (bekas Wedana Pasundan) Pada tahun 1956 Mentri Dalam Negeri mengalih tugaskan Raden Tumenggung  Male Wiranatakusumah. Pada saat kemudian untuk memajukan  rakyat pada tahun 1956 Kabupaten Bandung diadakan gerakan mengumpulkan modal Nasional mendirikan Koperasi, membangun Kota Majalaya menjadi Kota Industri Tenun. Pada saat Rd.Tumenggung Wiranatakusumah mau dialih tugaskan ada demontrasi rakyat yang mengusulkan supaya beliau tetap jadi  bupati Kabupaten Bandung.


Bupati R.T.M. Wiranatakusumah VI (Aom Male) beserta Keluarga 

Sumber : Penelusuran Sejarah Pemerintah Kabupaten Bandung Tahun 1846 - 2010 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text